slide

Jumat, 11 Juni 2010

Install AntiVirus di Ubuntu 9.10

Clam AntiVirus (ClamAV) merupakan anti virus open source untuk UNIX, didesain khusus untuk scanning e-mail pada mail gateway. Anti virus ini memberikan sejumlah utilitas termasuk multi-threaded yang fleksibel dan terukur, scanner pada command line, dan alat yang bagus untuk update database secara otomatis. Inti dari paket tersebut adalah anti virus yang tersedia dalam bentuk shared library.

Untuk menggunakan ClamAV, sebelumnya harus dilakukan penginstallan. Instalasi dapat dilakukan melalui hyperterminal. Berikut ini adalah perintah yang digunakan untuk menginstall ClamAV :
~$ sudo apt-get install clamav-daemon


Proses scanning dapat dilakukan pada seluruh sistem ataupun hanya pada direktori yang diinginkan saja. Untuk men-scanning pada seluruh sistem dapat menggunakan perintah berikut:
~$ clamscan -r
Sedangkan untuk perintah yang menyatakan scanning pada direktori tertentu yaitu:
~$ sudo clamscan -r /home/melati/download
Gambar berikut ini merupakan pernyataan bahwa scanning telah selesai.

Agar Anti virus ClamAV dapat berfungsi dengan baik, sebaiknya dilakukan update. Perintah untuk mengupdate ClamAV harus melakukan konfigurasi terlebih dahulu. Dengan mengkonfigurasi maka kita dapat mengatur jarak waktu setiap peng-update-an dilakukan. Apakah harus dilkukan setiap hari atau tidak. Caranya dengan mengetikkan:
~$ sudo dpkg-reconfigure clamav-freshclam
Selanjutnya, proses update dapat diatur sesuai dengan keinginan dengan memilih setiap menu yang ada. Setelah memilih setiap menu yang ada, maka proses konfigurasi telah selesai. Jika ingin melakukan update maka ketikkan perintah berikut:
~$ sudo freshclam

REFERENSI

  1. http://ronajingga.com/jarkom
  2. http://linux.or.id/node/1249
  3. http://www.clamav.net/lang/en/about/
  4. http://manishtech.wordpress.com/2007/06/21/installing-and-configuring-clamav-antivirus-on-your-ubuntu/

0 komentar:

Posting Komentar